Bandung,  kemahasiswaan.polban.ac.id

 

'Masa kuliah adalah masa yang penuh dengan beragam pengalaman dan kenangan, baik pengalaman indah dan tidak sedikit pengalaman buruk, juga susah dan senangnya yang dihadapi. Kuliah di perguruan tinggi setidaknya akan menghabiskan waktu selama 3 tahun untuk pendidikan diploma. Waktu ini akan terasa sebentar jika dilalui dengan senang, namun akan menjadi sulit jika yang dirasakan adalah beban. 

Kuliah tidak seperti sekolah, diperlukan usaha yang lebih besar untuk dapat lulus, karena saat kuliah, lebih banyak tugas, jam belajar yang kadang tidak teratur, beragam praktikum, dosen yang tidak masuk kelas, belajar mandiri, atau bahkan belajar dengan kelompok dari beragam program studi yang berbeda. Sehingga, waktu kuliah akan sangat menyita waktu yang tanpa disadari harus segera disesuaikan dengan ritme yang berbeda dengan sekolah. Setiap orang memiliki cara sendiri dalam mengatasi berbagai masalah selama kuliah sehingga banyak mahasiswa yang bisa menjalani setiap permasalahan dengan mudah, tetapi ada juga mahasiswa yang harus berjuang keras untuk dapat lulus. 

Perlu diingat, bahwa kegiatan di kampus tidak hanya kuliah saja, perlu diselingi dengan kegiatan lain yang menunjang dalam pergaulan dan bersosialisasi. Buatlah waktu luang untuk bersenang-senang namun bermanfaat, dengan mengikuti beraga aktivitas olah raga atau seni yang tersedia di kampus. Kegiatan ini akan membuat fikiran lebih segar dan berguna untuk menjalin hubungan dengan teman sebanyak mungkin dari program yang berbeda.

Terbatasnya kemampuan yang dimiliki setiap mahasiswa, menimbulkan beragam pandangan yang berbeda akan suatu hal. Mahasiswa yang masuk melalui jalur SMBPTN, PMDK, bidik MISI, Mandiri, atau lainnya, tentunya memiliki perbedaan kemampuan juga. Semakin besar jumlah mahasiswa, semakin beragam daerah asal mahasiswa akan menimbulkan beragam masalah dalam menghadapi perkuliahan. Untuk itulah, pemahaman mahasiswa akan masalah yang timbul selama kuliah menjadi masalah yang umum di perguruan tinggi. 

Permasalahan yang sering timbul pada awal perkuliahan diantaranya (1) memantapkan hati karena program yang dipilih bukan merupakan program utama dan (2) rindu keluarga (homesick). Permasahalan berlanjut karena pada awal perkuliahan mahasiswa berasal dari berbagai daerah berbeda, sehingga beberapa masalah yang timbul adalah: (3) kurang percaya diri, (4) mendapati kasus perundungan (bullying), (5) hambatan berkomunikasi, dan (6) kurang memahami etika berkomunikasi melalui saluran elektronik (netiket). Permasalahan lain yang muncul dan mengganggu proses perkuliahan dengan berbagai alasan seperti: (7) sulit tidur (Insomnia), (8) kecanduan game, (9) stress karena menghadapi situasi kuliah dan (10) depresi menjelang ujian. 

Namun demikian, dukungan (11) kemampuan mengelola waktu, (12) menjaga kesehatan, (13) mengelola pola makan yang seimbang, (14) mengelola keuangan dan (15) menjaga pergaulan dengan teman di kampus menjadi hal penting yang diperlukan untuk mencapai sukses kuliah di perguruan tinggi. 

 
                                                   
     

Contact

Staf Pembantu Direktur 3
Jl. Gegerkalong Hilir
022-2013789
Fax: 022-2013889
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
vCard